WHAT'S NEW?
Loading...

Pesta Blogger Banjarnegara 2013

Segera akan hadir sebuah event blogger pertama kali di Banjarnegara, garapan Pokja RBM Banjarnegara kerja bareng Komunitas Blogger Banjarnegara, yang di beri title ” Pesta Blogger Banjarnegara 2013 “. yang rencana akan dilaksanakan pada : Hari & Tanggal : Minggu, 20 Januari 2013 | Waktu : 08.00 – 17.00 Wib | Tempat : Central Convention Hall – Hotel Central Banjarnegara.


KONSEP ACARA
A.    LATAR BELAKANG
logo Pesta Blogger MbanjarDunia Informasi telah berkembang demikian pesatnya pada saat ini. Terlebih ketika para produsen handphone terus mengembangkan program yang berbasis koneksi internet. Hampir 80% lebih pengguna Handphone di Indonesia terkoneksi dengan Internet.

Sebagai media marketing, hal tersebut tentunya menjadi peluang emas agar dapat di manfaatkan oleh berbagai pihak untuk kepentingan yang produktif. Tak terkecuali kepentingan pemerintahan sekalipun.

Dan jika kita analisis perkembangan dunia informasi di internet, peran blogger ( sebutan bagi orang-orang yang suka menulis atau memberikan informasi, baik artikel, opini, sinopsis dll dan memiliki blog sendiri ) cukup berpengaruh dalam rangka mendistribusikan informasi, hingga informasi tersebut dapat sampai kepada pembaca.

Dibanjarnegara sendiri sebenarnya terdapat lebih dari 700 blogger, baik yang aktif maupun yang pasif. Namun demikian yang dapat di golongkan aktif ngeblog tidak sampai 50%. Sedangkan yang eksis baik di dunia maya maupun di dunia nyata juga masih sangat sedikit.
Walau demikian, data tersebut tidak menyulutkan kami selaku pengurus Ruang Belajar Masyarakat Kab. Banjarnegara, untuk terus menerus mengkampanyekan program Ngeblog dan Nginternet kepada masyarakat. Tujuan-nya jelas, agar masyarakat dapat memanfaatkan internet sebagai media yang produktif dalam mengembangkan pengetahuan, skill maupun pendapatan.

Oleh karenanya pada kesempatan ini, diawal tahun 2013, kami merancang sebuah program padat karya dengan title “ Pesta Blogger Banjarnegara 2013 “. Sebuah program tindak lanjut atas program sebelumnya yakni “ Program Pelatihan Optimalisasi Internet Dan Blog “ yang telah berjalan beberapa bulan yang lalu.

B.    DESKRIPSI ACARA
Acara Pesta Blogger Banjarnegara 2013 akan di selenggarakan satu hari full, dari pagi hingga sore. Dengan target 100 peserta, baik dari instansi pemerintah maupun swasta, organisasi dan komunitas maupun personal.

Acara akan di buka di pagi hari oleh Bupati Banjarnegara dan dilanjutkan dengan pameran hasil karya blog dan atau web site dari berbagai kalangan. Disela-sela acara pameran blog / website, akan diadakan Seminar internet dengan judul “ Meng-Online-kan diri “ sekaligus pelatihan blog dasar oleh mentor blog yang telah di tunjuk langsung oleh panitia. Pelatihan blog dasar ini tanpa dipungut biaya alias gratis. Namun peserta akan di batasi maksimal 30 orang.

Siang hingga sore hari akan di adakan pelatihan blog tingkat menengah dengan peserta maksimal 20 orang. Khusus pelatihan blog tingkat menengah ini akan di pungut biaya registrasi sebesar Rp. 50.000,- / peserta. Materi pelatihan blog tingkat menengah ini akan fokus pada materi pengembangan blog yang memanfaatkan fasilitas-fasilitas dari pihak ketiga. Sehingga blog / website akan tampak semakin powerfull dan menarik.

Dan di penghujung acara di sore hari akan di adakan acara penutupan sekaligus pembagian penghargaan atas kategori sebagai berikut :
1)    Blog / Website dengan kategori desain terbaik
2)    Blog / Website dengan kategori paling Update
3)    Blog / Website dengan kategori Content Terbaik
4)    Blog / Web Favourit pengunjung
Penghargaan / Award ini akan diberikan langsung oleh pimpinan RBM, PNPM, Perwakilan Pejabat Banjarnegara dan Ketua Blogger Benjarnegara, berupa Trophy, Piagam Penghargaan dan juga uang pembinaan.

C.    MAKSUD DAN TUJUAN
Memupuk semangat Ngeblog / Nginternet dalam rangka mempromosikan institusi baik pemerintah maupun swasta, organisasi maupun komunitas, personal agar potensi Banjarnegara semakin terekspose.

Memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada instansi baik pemerintah maupun swasta, organisasi maupun komunitas, personal atas kesungguh-sungguhan terhadap arti penting dunia informasi internet ( blog / website ).

Sosialisasi RBM Banjarnegara agar makin di kenal oleh khalayak sekaligus turut serta mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara.

D.    TARGET DAN SASARAN
Target : 120 Peserta terdiri dari :
UPK : 15 | Blogger / Personal : 50 | Instansi pemerintah : 15 | Swasta : 10 | Organisasi : 5 | Komunitas : 5 | Pendidikan : 20

Tata Tertib Peserta

logo Pesta Blogger MbanjarTATA TERTIB PESERTA
“ Pesta Blogger Banjarnegara 2013 “ Closert to Banjarnegara

Seluruh peserta wajib mengikuti acara sebagai berikut :

1. Peserta Pesta Blogger Banjarnegara 2016, wajib mengisi formulir registrasi yang telah di sediakan
    oleh panitia.

2. Peserta Tidak dipungut biaya untuk mengikuti acara Pesta Blogger Banjarnegara 2013, kecuali
    program “ Short Course Blog tingkat menengah “.

3. Technical Meeting peserta akan di laksanakan pada ; Sabtu, 19 Januari 2013, Pukul 14.00 Wib di
    Central Convention Hall – Hotel Central Banjarnegara.

4. Seluruh peserta wajib hadir pada acara, Setting  Blog Exhibition di lokasi acara pada Pukul 16.00
    Wib.

5. Seluruh peserta wajib hadir pada acara  Pembukaan akan dilaksanakan pada ; Minggu, 20 Januari
    2012, Pukul 08.00 Wib

6. Seluruh peserta wajib hadir pada acara Penutupan yang akan dilaksanakan pada Pukul 16.00
    Wib

7. Setiap peserta wajib membawa laptop sendiri-sendiri untuk acara blog / web exhibition

8. Setiap Instansi / organisasi / komunitas, yang mengikuti acara blog / web exhibition, wajib
    mengirimkan satu orang untuk menjaga stand sekaligus sebagai marketing Instansi / organisasi
    komunitas yang bersangkutan.

9. Setiap Peserta wajib menulis satu artikel tentang PNPM-MP ( Program Nasional Pemberdayan
    Masyarakat Mandiri Perdesaan dan atau RBM ( Ruang Belajar Masyarakat ) Kab. Banjarnegara.
    Sesuai dengan fersinya masing – masing.

Fasilitas yang di dapatkan :
1.    Free Hotspot Area
2.    Satu Stand Blog / Web Exhibition
3.    Banjarnegara Blogger Award
4.    Snack / Soft drink

Selengkapnya di http://rbmbanjarnegara.com/pesta-blogger-rbm

1 komentar: Leave Your Comments

  1. gimana hasil pesta bloggernya kang, sepertinya sangat menarik acaranya..

    BalasHapus